SILABUS PAI
MAPEL: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
A)
Identitas Guru
Nama
: Nur Kholifah
Alamat : Pasanggrahan Tirto Grabag Magelang
TTL
: Magelang, 03 Juni 1996
B)
Identitas Mapel
Nama
mapel : Pendidikan agama
islam dan budi pekerti
Alokasi
waktu : 2 x 45
Tempat
: SMA/SMK
Kelas
: XI
C)
Diskripsi Mapel
D)
Tujuan Umum
1.1 Untuk
mengetahui pentingnya taat kepada aturan
1.2
Untuk mengetahui ayat Al-Qur’an dan
haditsnya yang menerangkan tentang taat kepada aturan, arti mufrodat,
terjemahan ayat atau hadits, hukum bacaan tajwid dan asbabun nuzul ayat tersebut
1.3
Untuk mengetahui bagaimana penerapan taat
kepada aturan dalam kehidupan bermasyarakat, lingkungan sekitar dan taat kepada
syari’at islam
2.1
Untuk mengetahui kompetisi yang baik,
bagi orang-orang yang beriman
2.2
Untuk mengetahui ayat Al-Qur’an yang
menerangkan tentang kompetisi dalam kebaikan, arti mufrodat, terjemahan ayat,
hukum bacaan tajwid dan asbabun nuzul ayat tersebut
2.3
Untuk mengetahui bagaimana penerapan
kompetisi kebaikan dalam kehidupan
3.1
Untuk mengetahui etos kerja yang
disyariatkan oleh agama islam
3.2
Untuk mengetahui ayat Al-Qur’an dan
hadits yang menerangkan tentang etos kerja, arti mufrodat, terjemahan ayat,
hukum bacaan tajwid dan asbabun nuzul ayat tersebut
3.3
Untuk mengetahui bagaimana penerapan
etos kerja dalam kehidupan sehari-hari
E) Tujuan Khusus
1)
Untuk menjelaskan ayat tentang menaati
aturan dan pentingnya perilaku menaati aturan sesuai dengan Al-Qur’an dan
Al-Hadits
2)
Untuk menjelaskan ayat tentang
berkompetisi dalam kebaikan dan pentingnya perilaku berkompetisi dalam kebaikan
sesuai Al-Qur’an
3)
Untuk menjelaskan ayat tentang etos
kerja dan pentingnya etos kerja yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits
F) Pokok Bahasan/Materi
1.
Taat kepada aturan
·
Pengertian taat pada aturan
·
Ayat Al-Qur’an tentang taat kepada
aturan QS An-Nisa’ : 59 , penerapan hukum tajwid, arti setiap kata, terjemahan
ayat dan asbabun nuzulnya
·
Definisi pemimpin (ulil amri)
·
Kriteria dan peranan pemimpin (ulil amri) dalam terlaksananya ketaatan
kepada peraturan
·
Pentingnya perilaku menaati peraturan
sesuai QS An-Nisa’ : 59 dan hadits Nabi
2.
Kompetisi dalam kebaikan
·
Kompetisi yang disyariatkan oleh agama
islam
·
Ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam
kebaikan QS Al-Ma’idah : 48, penerapan hukum tajwid, arti setiap kata, terjemahan
ayat dan asbabun nuzulnya
·
Pentingnya berlomba-lomba dalam kebaikan
sesuai QS Al-Ma’idah : 48
3.
Etos kerja
·
Perintah untuk bekerja dan
menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat
·
Ayat Al-Qur’an dan hadits tentang etos
kerja QS At-Taubah : 105, penerapan hukum tajwid, arti setiap kata, terjemahan
ayat dan asbabun nuzulnya
·
Anjuran bekerja sesuai QS At-Taubah :
105
G) Metode Pembelajaran
1)
Ceramah
2)
Diskusi
3)
Tanya jawab
4)
Penugasan
H) Media Pembelajaran
1)
Al-Qur’an dan terjemah
2)
Buku PAI kelas XI
3)
Buku-buku yang relevan
4)
LCD
I) Strategi
Pembelajaran
Membiasakan peserta didik aktif di dalam
kelas. Membuat suasana kelas menjadi nyaman dengan mengadakan diskusi bersama
dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan ide- ide
nya.
J) Evaluasi
Pembelajaran/Penilaian
1)
Tugas individu
·
Menghafalkan ayat Al-Qur’an yang sesuai
dengan masing-masing tema
·
Ulangan harian
·
Ulangan Tengah Semester
·
Ulangan Akhir Semester
2)
Tugas kelompok
·
Diskusi
K) Referensi
1.
Mohammad Nuh. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum
Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
2.
Departemen Agama. 2000. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: UD
Mekar Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar